Dinas Pangan Pasaman Bangun Green House untuk Percontohan Hidroponik


Untuk memotivasi masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan rumah, Dinas Pangan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, membangun green house sebagai percontohan untuk lahan hidroponik di depan kantor dinas tersebut.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, dalam kunjungannya ke lokasi green house didampingi Kepala Dinas Pangan, Ketua Kadin dan Kepala Dinas Disporapar, mengaku terharu dan bangga melihat green house tersebut, sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pangan.

"Pemerintah mengajak seluruh masyarakat Pasaman untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah, agar terciptanya tubuh yang sehat", sebut Bupati Yusuf Lubis.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pasaman, Ir Yuspi menjelaskan, metode hidpronik adalah metode bercocok tanam yang tidak memerlukan media tanah. Hanya mengandalkan air dengan jumlah yang cukup banyak, serta perhatian khusus layaknya merawat seorang bayi.

"Tanaman di sini harus dicek satu per satu. Daun yang layu harus digunting dan dilihat juga ada hama atau kupu-kupu. Pokoknya harus dirawat dengan benar," jelas Yuspi di lokasi green house, Rabu (6/6/2018).

Jumlah tanaman menggunakan metode hidroponik telah ditanam sekira 400 batang dengan luas lokasi 3 x 5 meter, terdiri dari taman kangkung, salada hijau, salada merah, seledri, rerung, kol dan cabe.

"Dengan green house ini diharapkan bisa menjadi percontohan untuk memotivasi masyarakat dalam manfaatkan pekarangan yang sempit, sehingga meningkatkan ketersediaaan sayuran untuk dikonsumsi di setiap rumah tangga", kata Yuspi mengakhiri.

Bagikan ke Jejaring Sosial